Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pocari Sweat

Pocari Sweat resmi meluncurkan permainan jejaring sosial terpadu pertama di Indonesia yang menggunakan jejaring sosial Twitter, Facebook, dan Foursquare. Nama permainan tersebut adalah Ionopolis.

Menurut Suhendar, Produk Marketing Manager Pocari Sweat, permainan ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya cairan dalam tubuh.

"Ionopolis dikemas dalam bentuk komik, ada alur ceritanya. Cerita ini isinya mengedukasi masyarakat tentang kesehatan. Ada kuis trivia yang pertanyaannya berisi seputar kesehatan," ujarnya saat konferensi pers di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2010).

Ionopolis merupakan nama dari sebuah kota imajinasi. Dikisahkan, dalam kota ini telah bangkit seorang penjahat yang tidak terlihat dan mengancam penduduk Ionopolis. Para pemain akan diberikan serangkaian tantangan untuk menghancurkan musuh-musuh penduduk Ionopolis.

"Tantangannya antara lain dengan melakukan check in venue yang telah ditentukan berdasarkan kategori atau namanya melalui Foursquare, update status Facebook atau Twitter, serta menjawab trivia quiz seputar gaya hidup sehat untuk mendapatkan poin," ujar Suhendar.

Jika pemain berhasil mengalahkan monster tertentu, maka mereka akan mendapat poin tertentu. Poin ini kemudian dikumpulkan dan yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi akan mendapatkan berbagai hadiah, antara lain iPod Shuffle dan hadiah berlibur ke Jepang.

"Tiap 2 minggu akan diberi hadiah iPod Shuffle bagi 3 pemain dengan poin tertinggi. Nanti kita juga akan saring 100 orang semifinalis yang akan membuat komik memakai foto mereka yang dipadukan dengan potongan gambar di situs Pocari Sweat. Dari 100 orang ini akan disaring 10, kemudian disaring lagi jadi 2 orang yang akan dapat liburan ke Jepang," ujar Suhendar.

Menurut Suhendar, Ionopolis telah diperkenalkan tanggal 25 Oktober lalu. Dalam waktu satu minggu, Ionopolis telah dimainkan oleh sekitar 13.000 orang. "Sekarang sudah 2 mingguan. Berdasarkan update terakhir, sudah ada 26.000 pocarian yang ikut game ini," ujarnya. Demikian catatan online Yoursmiless tentang Pocari Sweat.