Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Yang Paling Pas Untuk Makan Itu Kapan Saja?

Selain pemilihan menu makanan yang akan dikonsumsi, waktu untuk bersantap juga memegang peranan penting dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Sebabnya, tubuh telah memiliki jam alami tersendiri untuk mencerna makanan dan menyerap semua nutrisi. Jika kamu tidak makan di waktu yang tepat, akibatnya makanan tak bisa terserap secara maksimal sehingga mengundang banyak gangguan penyakit serta menyebabkan obesitas.

Jadi, kapankah waktu yang paling tepat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam? Berikut adalah penjelasannya.

Sarapan
Waktu untuk sarapan yang ideal adalah pukul 07.00-08.00. Alasannya? Karena tubuh telah beristirahat cukup panjang setelah makan malam, maka kamu perlu bahan bakar untuk memulai hari.

Lantas bagaimana jika kamu bangun siang? Pastikan bahwa kamu sarapan sebelum pukul 10.00. Jika lewat dari jam itu, maka hal ini akan mempengaruhi tingkat nafsu makanmu pada waktu makan siang. Selain itu, selalu ingatlah aturan dasar bahwa makan pertama di pagi hari seharusnya berjarak 1,5 jam setelah kamu bangun tidur.

Makan siang
Jam makan siang idealnya berlangsung antara jam 12.00-13.00 dengan waktu yang ideal adalah 13.00 atau setidaknya berjarak 4 jam dari waktu kamu sarapan. Jika kamu terlambat dari jam tersebut, pastikan kamu makan siang sebelum pukul 16.00. Jika kamu tidak makan siang tepat waktu, perut tentu akan keroncongan dan kamu akan mudah marah, jengkel, frustasi, dan lelah tanpa alasan.

Makan malam
Makan malam menjadi jam makan yang paling banyak dilewatkan bagi kamu yang ingin menjaga berat badan. Padahal makan malam sendiri sangat diperlukan untuk membuat tubuh tetap sehat.

Nah, agar jam makan malammu tak menyebabkanmu mengalami kegemukan, sebaiknya kamu makan malam sebelum pukul 19.00. Jarak ideal antara jam makan malam dengan waktu tidur berkisar antara 3 jam. Sehingga jika kamu tidur jam 10 malam, makan malamlah jam 7 malam.