Macam-macam Lemak Yang Harus Kita Ketahui

Lemak selama ini dikenal sebagai zat negatif yang mendatangkan banyak penyakit untuk tubuh. Sehingga kamu pun menghindari semua jenis lemak dalam makanan yang kamu konsumsi. Padahal nyatanya, tak semua jenis lemak buruk lho. Ada pula beberapa jenis lemak yang sehat. Tubuh pun butuh lemak dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah rincian beberapa jenis lemak agar kamu tak salah memahami lemak.

Lemak jenuh tunggal
Lemak ini memiliki sifat yang baik dan diperlukan untuk mendukung metabolisme dalam tubuh. Lemak jenuh tunggal bisa kamu dapatkan dari avokad dan minyak zaitun.

Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 baik untuk kesehatan otak, meminimalkan risiko Alzheimer, serta penyakit jantung. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega 3 ini dari ikan salmon dan biji-bijian.

Lemak jenuh
Lemak jenuh mudah didapatkan dari makanan seperti daging dan keju yang memberikan manfaat biasa saja untuk tubuh. Tak baik juga tidak buruk.

Lemak tak jenuh ganda
Lemak tak jenuh ganda baik untuk dikonsumsi karena dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta mencegah kolesterol. Kamu bisa mendapatkannya dari kacang kenari dan minyak canola.

Asam lemak omega 6
Sumber terbaik dari asam lemak omega 6 adalah minyak bunga matahari dan minyak jagung. Terlalu banyak mengonsumsi lemak ini bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

Lemak trans
Lemak trans merupakan jenis lemak yang bisa menyumbat arteri serta berkontribusi untuk merusak kesehatan jantung. Margarin adalah salah satu contoh makanan yang mengandung lemak trans.

Lemak trigliserida
Jenis lemak ini sangatlah tidak sehat karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Minyak kelapa sendiri mengandung jenis lemak ini.