Penyakit Apa Saja Yang Bisa Bersamaan Dengan Nyeri Amandel?

Amandel merupakan bagian dari tenggorokan yang bisa menjadi awal mula dari munculnya sakit tenggorokan. Nyeri amandel yang disertai dengan demam, batuk, dan pilek biasanya familiar terjadi saat kamu masih anak-anak.

Tonsil yang terletak di bagian belakang tenggorokan adalah bagian dari sistem limfatik tubuh yang bertugas melawan infeksi. Ketika virus dan bakteri mencoba untuk masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut, amandel 'menjebaknya' dan hal ini menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya seperti di bawah ini.

Mendengkur
Penyakit pertama yang biasanya juga terjadi ketika kamu nyeri amandel adalah mendengkur. Menurut penelitian, ketika kamu terkena nyeri amandel maka amandel membengkak dan menghalangi aliran udara bebas ke dalam mulut. Hasilnya, kamu pun mengalami mendengkur saat tidur.

Bau napas
Nyeri amandel bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini terjadi akibat menumpuknya sel mati, lendir, atau bakteri di amandel sehingga membuat bau. Pastikan agar kamu selalu berkumur dengan larutan antiseptik untuk menyingkirkan penyebab bau mulut tersebut tiap kali kamu menyikat gigi.

Nyeri saat menelan
Nyeri amandel juga bisa menyebabkan nyeri saat menelan. Hal ini akibat membesarnya amandel yang membuat makanan tidak bisa melewatinya dengan lancar.

Penyakit amandel bisa terjadi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuhmu. Oleh karena itu perbanyak minum vitamin C agar kamu terhindar dari penyakit amandel.