Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Apa Saja Yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas? Berikut Penjelasannya

Saat kita menganggap kulkas atau lemari es adalah surga terindah dari semua makanan yang ada, ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh disimpan di lemari es! Kita pasti pernah salah ketika menyimpan makanan di kulkas dengan harapan agar awet, namun tidak semua dapat berlaku.

Justru menyimpan makanan di kulkas dapat membuatnya cepat layu, busuk, bau tidak sedap, sampai mengurangi nilai gizinya, lho! Waduh...

Kira-kira makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas? Berikut daftarnya.

1.Kopi
Kopi sebaiknya jangan pernah disimpan di dalam kulkas dalam bentuk butiran. Pasalnya, kopi memiliki keistimewaan mengambil semua aroma yang ada di sekelilingnya. Kopi mungkin akan menyerap bau tak sedap, namun kopi tidak dapat memilih aroma mana yang diserap.

Jika kebetulan Anda menyimpan sayuran atau buah agar tetap segar di dalam kulkas yang berisi kopi, maka kesegaran dan aroma buah tersebut akan hilang. Rasanya? Tentu saja berbeda. Baik untuk sayuran maupun kopi itu sendiri.

2.Tomat
Banyak orang tidak paham dan memasukkan tomat ke dalam kulkas. Sebenarnya tidak masalah. Yang jadi masalah adalah jika Anda menyimpan tomat dalam suhu yang sangat dingin yang memungkinkan tomat kehilangan tekstur dan juga membuatnya lembek.

3.Bawang merah
Anda tidak harus menyimpan bawang merah di dalam kulkas atau lemari es. Karena mereka cenderung menjadi sangat berjamur jika dibiarkan di kulkas terlalu lama. Jika Anda memotong bawang merah dan kemudian menyimpannya di kulkas, lapisan terluarnya akan mulai mengering.

Di samping itu, bawang merah juga akan mempengaruhi aroma beberapa makanan yang disimpan di kulkas.

4.Pisang
Pisang dikenal sebagai salah satu makanan sehat, tapi menyimpannya di lemari es dapat membuat pisang jadi terlalu matang dan lembek. Tentu saja rasa dan tekstur akan berubah. Selain itu, menyimpan pisang di lemari es juga dapat membuat pisang kehilangan nilai gizi. Waduh!

5.Madu
Perlu Anda ketahui, setoples madu bisa bertahan selama 10.000 tahun jika tidak disimpan di lemari es. Anda tidak boleh menyimpan madu di lemari es, pasalnya penyimpanan di bawah suhu dingin dapat memungkinkan madu berubah menjadi adonan. Selain itu, penyimpanan di kulkas juga akan meningkatkan kecepatan kristalisasi gula.

6.Melon
Buah melon memang tidak seharusnya disimpan di dalam lemari es. Terutama untuk melon yang sudah dibelah setengah. Menurut sebuah penelitian, untuk menjaga nutrisi dan kandungan melon tetap utuh sebaiknya menyimpan melon di dalam ruangan. Anda harus menghindari menyimpan melon di dalam kulkas. Nilai gizi dari melon pun akan berkurang.

7.Bawang putih
Terakhir, bawang putih. Bahan masakan yang satu ini juga termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh disimpan di dalam lemari es karena proses pengeringan dimulai setelah 12 jam. Anda harus menyimpan bawang putih pada suhu ruangan dan ini adalah satu-satunya cara untuk membuatnya tetap sehat, aman, dan dalam kondisi yang baik.