Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Clink Restoran Nomor Satu Di Cardiff

The Clink dinobatkan sebagai restoran nomor satu di Cardiff, Wales, oleh TripAdvisor. Penghargaan itu didapat setelah melakukan penilaian pada lebih dari 945 restoran lainnya di ibukota Welsh tersebut.

Mungkin penghargaan itu terdengar biasa saja di telinga Anda. Namun The Clink tidak seperti restoran pada umumnya. Restoran itu dikelola oleh para narapidana di HMP Cardiff. Ada sekitar 30 tahanan yang bekerja selama 40 jam dalam seminggu di The Clink.

Mereka akan bekerja di dapur dan melayani tamu, sebelum akhirnya kembali ke sel mereka. Restoran unik ini juga mempekerjakan tim pelatih yang bekerja sama dengan para tahanan untuk menyajikan hidangan musiman yang dibuat dari bahan-bahan segar yang didapat dari daerah sekitar. Para tahanan akan dibayar 14 pound sterling (sekitar Rp 266.285) setiap minggu, tetapi upah itu bukanlah hal terpenting yang mereka dapatkan. Dengan bekerja di restoran itu, para tahanan mendapatkan kesempatan untuk mengubah hidup mereka.

The Clink sendiri dibuka pada bulan September 2012. Restoran ini memiliki 96 kursi yang menyajikan makan pagi dan siang. Karena keunikan dan pelayanannya yang baik, resto ini telah mendapat sambutan hangat dari sebagian besar pengunjung dan restoran ini sangat populer di situs perjalanan TripAdvisor.

"Seluruh tim senang karena telah berhasil mencapai posisi teratas di TripAdvisor, dan untuk peringkat yang begitu tinggi itu, ini adalah prestasi besar bagi kami," kata manajer The Clink Jason Lawrence.

Chef Alberto Crisci, otak di balik The Clink, mengatakan bahwa restorannya menawarkan kesempatan bagi HM Prison Cardiff untuk menciptakan kesempatan kerja bagi narapidana mereka, dan juga mengubah persepsi publik terhadap tahanan.