Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Pada Ikan

Selain memiliki daging yang sehat dan kaya protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya dengan omega 3nya sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Sebagian besar orang bisa dipastikan suka dengan ikan. Namun, beberapa mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis.

Pada dasarnya, bau amis pada ikan bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan bahan alami. Asalkan menggunakannya sesuai takaran, rasa ikan dipastikan tidak akan berubah. Dilansir dari howtoremovethat.com, inilah beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau amis ikan.

    Air Cuka

    Air cuka putih dipercaya bisa mengurangi bau amis ikan. Namun ingat, saat menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis ikan, usahakan menggunakan secukupnya saja. Rasa asam cuka bisa merusak rasa ikan jika Anda menggunakannya terlalu berlebihan.
    Air Lemon

    Peras jeruk lemon dan gunakan airnya untuk menyiram ikan sebelum dimasak. Hal ini disinyalir bisa mengurangi bau amis ikan. Agar air lemon tidak merubah rasa ikan, sebelum dimasak atau digoreng pastikan mencuci ikan hingga bersih terlebih dahulu.
    Jahe

    Aroma harum dari jahe tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tetapi juga bisa digunakan sebagai penangkal bau amis ikan. Saat Anda masak ikan baik digoreng ataupun masak kuah, usahakan memasukkan jahe ke dalam bumbu. Jahe tidak harus dihaluskan, Anda cukup mememarkannya saja.
    Daun Dan Kulit Jeruk

    Daun maupun kulit jeruk bisa membantu Anda menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya cukup mudah, rebus daun atau kulit jeruk lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum di goreng atau dimasak. Untuk ikan yang dimasak kuah santan, memasukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam masakan selain menambah rasa sedap juga mampu menghilangkan bau amis.
    Apel

    Buah apel rupanya dipercaya mampu menghilangkan bau amis ikan. Iris tipis-tipis buah apel lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut ketika ia layu. Minyak maupun air untuk memasak ini akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.


Bagaimana Ladies, cukup mudah bukan? Dengan bahan alami tersebut, tidak ada alasan bagi Anda untuk khawatir dan malas memasak ikan karena baunya yang amis. Selain bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan bawang putih, daun kemangi, daun serai dan kunyit untuk menghilangkan bau amis ikan.