Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Tertua Didunia

Di antara kolam-kolam lumpur panas yang meletup di area Gobustan National Park tersembunyi sebuah batu sederhana yang ternyata merupakan alat musik kuno.

Bongkahan yang dikenal sebagai batu musik Gobustan ini barangkali adalah alat musik paling tertua yang pernah dimainkan oleh manusia. Batu musik ini sudah ada dan sudah dimainkan sejak zaman prasejarah.

Batu sepanjang 2 meter yang terletak di Baku, Azerbaijan ini bisa mengeluarkan bunyi yang merdu. Jika dipukul dengan batu yang berukuran lebih kecil, suaranya seperti tamborin. Diperkirakan dulunya batu ini digunakan sebagai alat musik pengiring ritual kuno suku Yalli.

Tak hanya batu ini, dilaporkan situs Atlas Obscura beberapa bongkah batu di daerah ini juga bisa mengeluarkan bunyi yang sama. Kemungkinan besar kondisi iklim dan keberadaan gas alam yang dihasilkan daerah ini yang menjadikan batu-batu tersebut memiliki karakteristik unik.

Hingga sekarang, batu in masih digunakan sebagai alat musik oleh sejumlah seniman lokal. Batu ini bahkan sempat mengiringi tarian tradisional suku Yalli yang ditampilkan di Eurovision Song Contest 2012.