Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Pasangan Agar Hangat, Langgeng, Dan Harmonis

Kaum wanita umumnya mencari pasangan yang secara fisik lebih tidak menarik daripada mereka. Dan ini membuat pernikahan mereka lebih hangat, langgeng, dan harmonis. Benarkah?

Menurut hasil sebuah studi dari Journal of Family Psychology, pernikahan di mana sang istri memiliki penampilan yang lebih atraktif daripada suami cenderung lebih bahagia dan suportif.

Alasannya, dalam pernikahan semacam itu ekspektasi kedua belah pihak sama-sama terpenuhi. Kaum pria umumnya mencari daya tarik fisik dari pasangan, sementara wanita lebih mengutamakan perhatian dan sikap suportif.

Dalam eksperimen yang dilansir situs Live Science tersebut, para pasangan dihadapkan pada masalah untuk mengetahui tingkat dukungan suami terhadap istri. Setelah dianalisis berdasarkan tolak ukur daya tarik fisik, ternyata pria yang mendapat nilai rendah dari segi fisik justru menunjukkan sikap suportif yang lebih tinggi daripada pria yang secara fisik lebih menarik daripada istri mereka.

Menurut James McNulty, sang peneliti, ini karena pria yang memiliki karakteristik fisik kurang menarik cenderung menghargai pasangan menarik yang mereka dapatkan. Karena itu mereka berusaha keras untuk mempertahankannya.

Bagaimana menurut Anda? Benarkah pria yang tidak terlalu tampan bisa membahagiakan istrinya?