Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tentang Warna Silahkan Disimak

Dunia ini dipenuhi dengan warna. Hampir setiap objek di muka bumi yang bisa tertangkap mata kita memiliki warna.

Sekadar untuk informasi, berikut ini kami tampilkan beberapa fakta unik tentang warna yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Wanita lebih peka terhadap warna merah

Dilaporkan situs Listverse, wanita lebih cermat dalam mengidentifikasi spektrum warna merah, antara lain merah hati, merah darah, dan jingga. Sementara para pria hanya mengenal ragam nuansa warna tersebut dengan satu kata saja. Merah.

Hal ini ternyata disebabkan oleh perbedaan kromosom pada pria dan wanita. Kromosom X ganda pada wanita membuat mereka lebih peka dalam melihat warna merah.

2. Chromophobia

Chromophobia atau Chromatophobia adalah fobia langka di mana seseorang memiliki rasa takut berlebihan terhadap warna tertentu.

3. Warna berpengaruh pada kondisi psikis

Warna ternyata memiliki pengaruh besar pada kondisi fisik seseorang. Karena itulah warna juga digunakan sebagai media untuk terapi stres dan kesehatan.

Warna merah muda dianggap bisa menenangkan pikiran, kuning dapat membangkitkan rasa lapar, dan merah bisa menimbulkan perasaan kuat. Sementara warna biru disarankan dipakai saat wawancara kerja karena warna ini memberikan kesan loyal.

4. Pharrel Williams melihat pola warna pada musik

Pernah mendengar tentang sinestesia? Sinestesia adalah suatu kondisi neurologis di mana persepsi indera seseorang terhadap suatu stimulus diikuti dengan persepsi indera lainnya. Jika ada orang yang mampu melihat warna dalam bunyi-bunyian atau warna pada angka, maka itulah yang disebut sinestesia.

Mary J Blige, Stevie Wonder, Billy Joel, Tori Amos, dan Pharrel Williams adalah beberapa musisi dunia yang menderita sinestesia. Tepatnya chromestesia, sinestesia di mana penyandangnya mampu melihat warna dalam bunyi.

5. Warna merah dan kuning populer untuk fast food

Pernahkah Anda menyadari kalau sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang kuliner memilih merah atau kuning sebagai warna dominan pada logo mereka?

Menurut survei yang dilakukan oleh situs Small Business Trends, warna merupakan faktor yang sangat penting untuk membangun popularitas merek. Sebanyak 84,7 persen konsumen membeli produk karena warnanya, entah itu warna kemasan produk atau pemilihan warna dalam iklan produk.

Sementara itu, dalam psikologi warna merah dan kuning termasuk warna yang paling mencolok di mata dan dapat membangkitkan nafsu makan. Karena itulah merah dan kuning umum dipilih sebagai warna logo.

6. Mumi sempat digunakan sebagai bahan pewarna di Mesir

Menurut The Brilliant History of Color in Art, pada zaman mesir kuno, warna cokelat dideskripsikan dengan kata 'mumi'. Pasalnya nuansa warna cokelat pada masa itu memang dibuat dari daging mumi.

Itulah 6 fakta unik tentang warna yang mungkin belum pernah Anda ketahui.