Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ledakan melanda di perayaan umat Islam Syiah

Ledakan melanda di perayaan umat Islam Syiah di Kota Suci Karbala, Irak hari ini. Insiden tersebut menyebabkan 56 orang tewas.

Polisi serta militer Irak tampak berjaga-jaga di sepanjang jalan Kota Baghdad, Irak, mereka mengawal ribuan umat Muslim Syiah yang berangkat menuju upacara keagamaan di Karbala. Namun ditengah keramaian tiba-tiba saja suara ledakan terdengar.

Diketahui tiga pelaku bom bunuh diri meledakan dirinya dengan menggunakan mobil. Aksi tersebut mereka lakukan di dekat pos penjagaan di Karbala. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (21/1/2011).

Alhasil, 56 orang peziarah dilaporkan tewas dalam insiden ini. Sementara sekira 180 lainnya dilaporkan terluka akibat ledakan. Diantara korban terluka, 25 diantaranya adalah pasukan keamanan yang bertugas menjaga keamanan selama upacara keagamaan berlangsung.

Belum ada pihak yang bersedia bertanggung jawab atas insiden ini. Namun pihak keamanan berkesimpulan, metode serta target serangan mirip dengan yang dilakukan oleh AlQaeda serta kelompok militan lainnya. Demikian catatan online Yoursmiless tentang Ledakan melanda di perayaan umat Islam Syiah.