Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angkatan Laut Korea Selatan

Angkatan Laut Korea Selatan menyergap kapal yang dibajak oleh pembajak Somalia di Samudera Hindia hari ini. Seluruh awak kapal yang disandera oleh para pembajak berhasil diselamatkan, termasuk dua warga negara Indonesia.
"Pasukan khusus kami berhasil menyerbu kapal Samho Jewerly hari ini dan membebaskan seluruh sandera," ungkap juru bicara Angkatan Laut Korsel Lee Bung Woo, seperti dikutip AFP, Jumat (21/1/2011).

Seperti dikonfirmasi oleh pihak AL Korsel, delapan orang pembajak dipastikan tewas dalam penyergapan ini.

Operasi penyelamatan ini berlangsung pada 1.300 kilometer timur laut perairan Somalia. Kapten kapal milik perusahaan kimia Korsel ini, diketahui menderita luka tembak pada bagian perutnya saat penyergapan terjadi. namun lukanya relatif tidak membahayakan dirinya.

Kelompok pembajak menyita kapal seberat 11.500 ton dan 21 kru kapalnya pada 15 Januari lalu di Laut Arab. Aksi pembajakan ini berlangsung saat kapal berada dalam rute menuju Sri Lanka dari Uni Emirat Arab.
21 awak kapal sendiri terdiri dari delapan warga Korsel, dua WNI dan 11 warga Myanmar. Demikian catatan online Yoursmiless tentang Angkatan Laut Korea Selatan.