Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenderal Timur Pradopo

Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo berjanji akan mengusut tuntas atasan dan rekan terpidana kasus korupsi pajak Gayus HP Tambunan yang disebut dalam dakwaan jaksa penuntut umum dan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Beberapa nama itu termasuk atasan Gayus Tambunan di Direktorat Jenderal Pajak Maruli Pandapotan Manurung dan rekan Gayus, seperti Humala Napitupulu dan Bambang Heru Ismiarso.

"Sekali lagi, kalau keterkaitan dengan turut serta pada hasil vonis ada kekuatan yang tetap, tentunya akan kami tindak lanjuti," tegas Kapolri kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/1/2011).

Lantas, bagaimana dengan tanggung jawab berjenjang? "Akan kami tindak lanjuti berdasarkan vonis pengadilan untuk Gayus," kata Kapolri singkat.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Albertina Ho mengatakan, "Majelis akan mempertimbangkan dari segala segi. Dalam perkara ini, majelis hakim tidak hanya mempertimbangkan masyarakat, tetapi juga peran terdakwa. Kelalaian terdakwa tidak menjadi tanggung jawab sendiri yang masih harus ada koreksi dari atasan terdakwa secara berjenjang," demikian Albertina saat membacakan berkas vonis Gayus.

Gayus juga sempat mengatakan ada upaya pengalihan isu sehingga kasusnya tidak menyentuh pihak-pihak yang disebutnya terlibat, yaitu direktur, Dirjen Pajak, ataupun jaksa Cirus Sinaga. Demikian catatan online Yoursmiless tentang Jenderal Timur Pradopo.