Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Volvo

Mobil Volvo mengubah rencana produksi produk untuk suatu kompetisi pasar. Pabrikan Swedia ini memutuskan untuk membuat hatchback 5-pintu berbasis sedan S40 dengan platform serupa hatchback C30 guna menantang Volkswagen Golf pada 2012. Dengan perubahan ini, mereka menunda membuat pengganti SUV XC90 pada tahun yang sama.

Mobil VolvoMenurut CEO Volvo yang baru, Stefan Jacoby, model hatchback baru diharapkan dapat membantu pabrikan Swedia ini meningkatkan penjualannya. Tahun lalu, Volvo hanya menjual 350.000 unit di seluruh dunia, padahal kapasitas produksi mencapai 500.000 unit.

"Saya percaya dapat mencapai penjualan 800.000 unit per tahun dalam 10 tahun mendatang," ujar Jacoby. Menurutnya, Volvo tengah membahas stratetgi enam bulan mendatang untuk melihat bagaimana agar mereka bisa tumbuh tak hanya di negara yang berkembang seperti China, tetapi juga di negara-negara Eropa dan AS. "Kami sedang mengerjakan strategi produk dan sebagai perusahaan yang relatif kecil, kami bisa bergerak lebih cepat," tambahnya.

Mantan pimpinan VW di AS ini juga menganggap Volvo perlu mengembalikan citra mereknya. Dia mengatakan, mobil ini harus kembali ke akar Swedia-nya.

Volvo tak perlu terlalu sporty, tetapi harus lebih fungsional dengan menunjukkan kemewahan ala Swedia atau Skandinavia. "S60 baru secara dinamika sangat baik dan menunjukkan bahwa kami bisa melakukannya. Namun, apakah itu yang kita perlukan? Jika saya melihat model, yang bisa dijadikan contoh adalah XC60 dan C30 yang fantastis. Desainnya sangat atraktif lhoo, tapi tidak cocok untuk ukuran Mobil keluarga Ideal Terbaik Indonesia, kenapa saya bisa bilang seperti itu? karena mobil tersebut tidak muat banyak penumpang.