Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Sebaiknya Dilakukan Pada Waktu Pagi Atau Sore?

Dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh, maka selain memperbanyak konsumsi makanan sehat, kamu pun mulai memotivasi diri untuk rajin berolahraga. Olahraga memang tidak diragukan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan karena olahraga membuat semua sistem dalam tubuh berjalan dengan baik dan menjauhkanmu dari stres.

Hingga saat ini, masih menjadi perdebatan apakah olahraga sebaiknya dilakukan di pagi atau malam hari. Jika dilakukan di pagi hari, maka kamu memiliki keuntungan dengan menghirup udara pagi yang masih segar dan tubuh masih berenergi karena kamu baru saja bangun. Sementara olahraga di sore hari jamak dilakukan oleh para pekerja yang tidak memiliki waktu untuk olahraga di pagi hari.

Sebenarnya, lebih efektif mana melakukan olahraga pagi atau olahraga sore?

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, olahraga yang dilakukan di sore hari akan membuat orang mencapai kebugaran dengan tingkat yang lebih tinggi karena tubuh telah beradaptasi dengan lebih baik. Semua fungsi tubuh telah berjalan seperti suhu atau tekanan darah. Tingkat hormon dan denyut jantung juga telah dilemaskan. Itulah sebabnya olahraga di sore hari akan memberikan manfaat yang maksimal.

Namun, jika kamu lebih memperhatikan konsistensi dan menginginkan tubuh lebih berenergi, maka kamu wajib mencoba olahraga di pagi hari yang juga akan membuatmu lebih produktif. "Namun tentu saja waktu untuk melakukan pemanasan lebih panjang," tulis penelitian ini.

"Olahraga yang dilakukan di pagi atau sore hari memiliki kelebihan masing-masing, tergantung dengan waktu yang kamu miliki. Sebab yang terpenting adalah tubuhmu selalu bergerak setiap hari meski hanya beberapa menit."