Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ada Manfaatnya Mengunyah Secara Perlahan?

Sedari kecil kamu selalu diberikan saran untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Alasannya agar kamu tidak tersedak. Namun saat kamu semakin dewasa, kamu tidak lagi memperhatikan nasihat tersebut. Padahal ada banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan mengunyah makanan secara perlahan, lho.

Apa saja? Berikut adalah manfaatnya saat kamu mengunyah makanan dengan perlahan.
  •  Manfaat pertama yang akan kamu rasakan adalah kamu bisa mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Sebab saat kamu makan dengan perlahan, otak akan menyadari bahwa kamu sedang mencernanya. Sementara ketika kamu makan dengan cepat, otak tidak akan menyadari dan berakhir dengan banyaknya makanan yang kamu santap.
  • Saat kamu makan dengan perlahan, perut akan bersiap-siap untuk mencernanya. Dan hal ini berdampak baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Mengunyah makanan dengan baik akan memberikan waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan hormon seperti leptin dan ghrelin yang memiliki peranan penting dalam mencerna makanan.
  • Banyak penelitian kesehatan yang mengklaim bahwa mereka yang mengunyah makanan dengan baik dan pelan, cenderung memiliki berat badan yang stabil. Sebab mereka menyadari banyaknya makanan yang mereka konsumsi.
  • "Mengunyah makanan minimal 30-50 kali juga akan membuatmu merasakan rasa makanan yang sebenarnya yang mana hal ini menjadi sebuah kemewahan dalam pengalaman bersantap," tulis penelitian ini.