Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minum Air Putih Sangat Bagus Untuk Tubuh Kita, Berapa Liter Yang Diperlukan?

Air putih sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab air putih bisa mendetoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minum air putih juga akan membuat semua anggota tubuh bekerja secara maksimal, suhu tubuh yang meningkat akan turun, serta membantu menurunkan berat badan karena air putih akan membuat perutmu terasa penuh.

Banyak penelitian kesehatan yang menyarankan agar kamu minum air putih 8 gelas per hari. Jumlah tersebut dirasa pas untuk memenuhi kebutuhan air minum harian.

Well, benarkah demikian?

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, sebenarnya kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda disesuaikan dengan berat badan serta beratnya aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh, mereka yang bekerja di luar ruangan dengan porsi yang berat butuh banyak minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Lalu, kebutuhan air minum mereka yang gemuk juga pasti berbeda dengan mereka yang kurus.

Menurut Dr. Michael Mosley, peneliti dari Brit Lab disebutkan bahwa kebutuhan air minum pria dan wanita ternyata berbeda. Wanita disarankan untuk minum 2 liter air per hari. Sementara pria butuh 3 liter air minum per hari atau setara dengan 15 gelas air minum.

"Namun sebagian dari air yang kamu minum tidak selalu berasal dari minuman. Makanan yang mengandung banyak air pun juga bisa terhitung mampu memenuhi kebutuhan cairan harianmu sehingga hal ini berarti kamu tidak perlu minum air sebanyak yang kamu pikirkan," terangnya.

"Pada intinya dengarkan tubuhmu. Tubuhmu bisa mengirimkan sinyal dengan jelas apakah kamu minum banyak air atau malah kekurangan air. Oleh karena itu perhatikan dengan baik setiap sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh demi kesehatan tubuh."