Lidah Buaya Mempunyai 8 Manfaat Yang Menakjubkan, Apa Saja Itu?

Lidah buaya telah lama dikenal untuk urusan kecantikan. Banyak orang hampir tidak menyadari potensi yang dimiliki oleh lidah buaya atau aloe vera untuk kesehatan.

Padahal, lidah buaya juga dikenal sebagai 'ramuan ajaib' karena mampu mengobati tubuh, misalnya pada luka bakar, luka biasa, bahkan kanker! Menjadi tanaman obat yang telah digunakan dalam ribuan tahun, lidah buaya diketahui mengandung senyawa tanaman yang sehat. Gel lidah buaya dikatakan mengandung senyawa bio-aktif seperti vitamin, mineral, antioksidan, serta asam amino.

Manfaat kesehatan dari lidah buaya tak berhenti di situ. Antibakteri di dalamnya sangat kuat, mengandung polifenol yang mencegah pertumbuhan bakteri. Nah, berikut ini merdeka.com akan menyajikan 8 manfaat menakjubkan dari lidah buaya.

1.Detoksifikasi
Lidah buaya adalah salah satu pembersih paling efektif dengan kandungan yang penuh akan vitamin, mineral, dan asam amino. Tak hanya itu, lidah buaya juga mampu memperkuat sistem pencernaa dan membuat tubuh membuang limbah dan racun alami.

Manfaat lidah buaya pun tak berhenti di situ saja. Untuk urusan detoksifikasi, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati peradangan.

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Lidah buaya diperkaya dengan polisakarida yang ternyata mampu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu lidah buaya juga memungkinkan untuk memperlambat kaskade inflamasi yang membantu menyusun ulang sistem kekebalan tubuh, karena sifat antibakteri yang dimiliki.

3.Menurunkan kolesterol
Beberapa studi sudha membuktikan bahwa lidah buaya ternyata memilik iefek positif dalam mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Pada gilirannya nanti, lidah buaya dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi, hanya ada beberapa bukti yang menunjukkan ini. Hal tersebut disebabkan oleh kualitas penelitian tersebut yang masih minim.

Namun setidaknya sudah ada sebuah khasiat yang menakjubkan dari lidah buaya, kendati masih harus diteliti lebih lanjut lagi.

4.Mengobati masalah pencernaan
Siapapun orangnya yang mengalami masalah pencernaa terkait seperti IBS, sebaiknya dapat menggunakan lidah buaya sebagai obatnya. Lidah buaya ternyata memiliki efek dalam membantu menurunkan gejala yang menyakitkan dari masalah pencernaan.

Sensasi dingin dan sifat menenangkan akan membantu meringankan rasa sakit akibat gangguan pencernaan.

5.Vitamin terbaik dan repository mineral
Lidah buaya pada dasarnya adalah gudangnya vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan asam folat. Tak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, selenium, zinc, kalium, dan juga zat besi.

Keren, bukan?

6.Sembuhkan luka bakar
Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit meradang. Selain itu juga meningkatkan kolagen dan kandungan asam hyaluronic yang membantu meremajakan kulit serta membantu dalam pembentukan sel kulit baru ketika terkena cedera atau luka bakar.

7.Mengurangi sembelit
Ada zat yang disebut lateks yang ditemukan di bawah kulit daun lidah buaya. Zat tersebut ternyata setelah diteliti memiliki kemampuan untuk mengurangi sembelit. Lateks berisi aloun dan barboloin yang memiliki efek pencahar menakjubkan.

8.Menyembuhkan sariawan
Lidah buaya akan membantu dalam menyembuhkan sariawan. Menerapkan patch lidah buaya pada daerah yang sariawan dipercaya membantu mengurangi luka. Ini adalah hasil dari sebuah penelitian.

Ternyata memang lidah buaya memiliki polifenol di dalamnya, yang mampu membantu dalam menenangkan peradangan akibat sariawan.