Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanker Testis Bisa Diketahui Lebih Awan Dengan Memperhatikan Tanda Berikut

Kanker, penyakit mematikan ini bisa mengenai siapa saja, baik pria maupun wanita dan tak peduli muda atau tua. Jika wanita bisa terkena kanker payudara, kanker serviks, atau kanker ovarium, maka pria bisa menderita kanker testis. Mengerikan bukan?

Well, sebagai langkah untuk pencegahan maka kamu wajib mengenali gejalanya sejak dini seperti penjelasan berikut ini.

Bengkak di skrotum
Jika kamu merasa bahwa skrotum kamu bengkak, baik besar maupun kecil, maka kamu wajib melakukan tes untuk mendeteksi penyakit kanker sejak dini.

Benjolan yang menyakitkan
Selain pembengkakan, benjolan di testis juga wajib kamu waspadai. Sebab benjolan ini muncul disebabkan akibat pertumbuhan abnormal sel kanker.

Sakit punggung
Kanker testis akan membuat pria mengalami sakit punggung yang semakin lama terasa semakin buruk.

Nyeri perut bagian bawah
Gejala lainnya dari kanker testis adalah nyeri di perut bagian bawah yang konstan. Dan sayangnya para pria mendeteksi sebagai penyakit gastritis.

Sakit kepala
Sakit kepala adalah penyakit yang umum terjadi. Namun sakit kepala juga bisa menjadi tanda awal dari kanker testis jika berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Nyeri dada
Gejala lain yang tidak biasa dari kanker testis adalah nyeri di dada. Dan nyeri ini diiringi dengan sesak napas atau mudah lelah tanpa alasan yang jelas.

Jadi, apakah kamu sering mengalami salah satu dari gejala di atas? Jika ya, maka sebaiknya lakukan tes kanker sejak dini untuk mencegah semakin menggawatnya penyakit ini.