Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menewaskan 11 orang

Satu pesawat jet militer Rusia, Selasa (28/12) malam, jatuh di Tula, selatan Moskowa, Menewaskan 11 orang yang berada di dalamnya, lapor kantor berita Interfax yang mengutip seorang penegak hukum. "Menurut data awal, terdapat 11 orang yang berada di dalam pesawat itu, mereka semua tewas," kata sumber itu kepada Interfax.

Pesawat yang jatuh itu jenis Antonov An-22, kata kantor berita itu. Sementara kantor berita Rusia, Ria Novosti, dalam laporannya mengatakan, reruntuhan pesawat transportasi Angkatan Udara An-22 Rusia yang jatuh dan terbakar Selasa malam ditemukan dari udara di Wilayah Tula, Rusia tengah, menurut sumber badan penegak hukum.

"Reruntuhan pesawat yang terbakar ditemukan dari udara pada pukul 02.36 waktu Moskowa (06.36 WIB, Rabu) di dekat desa Krasny Oktyabr di Wilayah Tula," kata sumber itu yang menambahkan bahwa regu-regu penyelamat telah dikirimkan ke tempat jatuhnya pesawat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sebelumnya bahwa pesawat An-22 Cock sedang dalam perjalanan menuju bandara Migalovo dan menghilang dari layar radar pada pukul 21.30 waktu Moskowa. Menurut informasi awal, sekitar 12 orang berada di dalam pesawat Angkatan Udara Rusia itu, kata satu sumber di kementerian pertahanan. Dia mengatakan, kegagalan peralatan penerbangan, khususnya kegagalan mesin, mungkin menyebabkan terjadinya kecelakaan itu. Menurut berbagai sumber, terdapat sampai 300 pesawat angkut dalam melaksanakan pelayanan pada Angkatan Udara Rusia, termasuk pesawat An-12 Cub, An-72 Coaler, An-22 Cock, An-124 Condor dan Il-76 Candid.

Sebagian besar pesawat itu mulai beroperasi pada tahun 1960-an dan 1970-an dan dianggap ketinggalan zaman oleh standar keselamatan modern dan polusi kebisingan. Demikian catatan online Yoursmiless tentang Menewaskan 11 orang.