Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kembali mengeluarkan letusan besar

Anak Gunung Krakatau di Laut Selat Sunda, Provinsi Banten, kembali mengeluarkan letusan besar. Letusan terjadi sekira pukul 06.30 WIB. Letusan hanya terdengar satu kali. Namun, cukup mengagetkan sejumlah warga.

"Tadi pagi, sekira pukul 06.30 WIB, saya mendengar ledakan yang sangat kencang. Saat itu kami sedang memasak di dapur. Setelah saya keluar dan menanyakan kepada warga sekitar, ternyata asal ledakan itu dari Gunung Krakatau," ujar Bunga, kepada okezone, di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Sabtu (4/12/2010).

Sementara itu, Marjuki, warga RT 02/06, Desa Teneng, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, mengatakan, ledakan Gunung Krakatau biasa terjadi. Bahkan, dalam satu hari, ledakan Anak Gunung Krakatau itu bisa mencapai dua sampai tiga kali.

"Kalau meletusnya saat malam hari, dari pesisir pantai akan tampak pijaran api keluar dari Gunung Krakatau. Hal itu biasa terjadi pada Anak Gunung Krakatau yang sedang memasuki masa perkembangan," terangnya.

Marjuki menambahkan, letusan Anak Gunung Krakatu tidak terjadi setiap hari. Sebab pernah, dalam waktu dua bulan Anak Gunung Krakatu tidak mengeluarkan ledakan dan asap tebal.

"Biasanya, kalau Gunung Krakatau tidak menimbulkan reaksi berupa ledakan dan kepulan asap, warga justru cemas. Pernah suatu kali Gunung Krakatau meledak kencang dan menimbulkan getaran yang sangat hebat," jelasnya. Demikian catatan online Yoursmiless tentang kembali mengeluarkan letusan besar.