Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Tentang Organ Wanit Yang Harus Anda Ketahui

Sebagai wanita, tentunya sangat penting bagi kamu untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang semua anggota tubuh sehingga kamu bisa menghindari gangguan kesehatan yang kemungkinan akan datang. Pengetahuan tentang organ intim pun sama pentingnya. Sebab secara mengejutkan banyak wanita yang tidak terlalu paham dengan organ intim mereka.

Kebanyakan dari wanita hanya mengetahui tentang organ intim berkisar tentang vagina dan klitoris. Padahal ada banyak bagian organ intim yang wajib pula untuk diketahui. Salah satunya bagian eksternal vagina yaitu labia.

Berikut adalah beberapa fakta tentang labia yang penting untuk kamu ketahui:

1.Bagian labia
Labia dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu labia mayora dan labia minora. Labia mayora adalah lipatan kulit yang lebih besar. Sementara labia minora berbentuk lebih kecil dan lebih tipis, terletak di dalam vulva.

Karena labia adalah 'pintu' dari vagina, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dari labia untuk menghindari terjadinya infeksi serta penyakit kelamin yang akan datang.

2.Bentuk labia bervariasi
Sama seperti vagina, bentuk labia setiap wanita pun tidak sama. Begitu pula dengan ukuran dan warna yang bervariasi bergantung dengan ras.

3.Penyakit labia
Labia pun bisa mengalami penyakit. Salah satunya yang adalah infeksi ragi.

Infeksi ragi sebenarnya berasal dari dalam rongga vagina yang kemudian jamur tersebut menjalar hingga ke labia. Jika kamu mengalami infeksi ini, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik agar infeksi ragi tidak menjalar terlalu banyak.

4.Rambut kemaluan dan labia
Rambut kemaluan menolong labia dalam menjaga kesehatan organ intim. Adanya rambut kemaluan akan 'menahan' bakteri atau virus yang berpotensi mengganggu kesehatan labia.

5.Pembuluh darah di labia
Perhatikan labiamu! Pembuluh darah serta urat yang terlihat di labia adalah hal yang normal. Sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Well, itulah beberapa informasi tentang labia vaginamu. Semoga informasi tersebut bermanfaat!