Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Tol Cinere Jagorawi

Jalan Tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi I akan segera beroperasi. Rencanaya ruas jalan yang merentang dari Cimanggis hingga Jalan Raya Bogor itu diresmikan pada 27 Januari 2012.

Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya, Bambang Hartanto, mengatakan peresmian jalan tol itu akan dilakukan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Sebelum peresmian, lanjutnya, jalan bebas hambatan itu telah dua kali melalui uji laik fungsi. Pengujian tersebut dilakukan langsung oleh tim dari Kementerian Perhubungan dan Pekerjaan Umum.

"Pengujian terakhir hasilnya baik dan dinyatakan layak beroperasi," kata dia seperti dikutip dari situs resmi Lantas Polri, Kamis 26 Januari 2012.

Jalan tol yang telah melalui proses konstruksi selama hampir enam tahun itu memiliki panjang 3,7 Km. Untuk memasuki tol, pengendara kendaraan roda empat yang datang dari arah Jalan Raya Bogor, dapat melalui pintu Tol Cisalak I dan membayar tarifnya di Tol Cisalak II.

Sedangkan mereka yang datang dari arah Jakarta dapat memasuki jalan bebas hambatan itu dari pintu Tol Cibubur dan membayarnya di Tol Cisalak I.

Sementara pengguna kendaraan dari arah Bogor dapat masuk melalui pintu Tol Cimanggis I dan membayarnya di Tol Cisalak I. Jalan tol ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Kota Depok.

Kepala Dinas Perhubungan Depok, Dindin Djaenudin, menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Kota Depok perihal tindakan pengamanan dalam prosesi peresmian jalan tol itu.