Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skandal penyadapan telepon dan penyogokan polisi

Skandal penyadapan telepon dan penyogokan polisi yang dilakukan tabloid News of the World milik Rupert Murdoch mulai meluas. Seorang jurnalis dari harian The Sun ditahan atas tuduhan menyuap polisi.

Seperti dikutip dari Reuters, polisi menahan laki-laki berusia 48 tahun, terkait penyuapan polisi. Dua sumber Reuters menyebut kalau laki-laki yang ditahan itu reporter Sun, Jamie Pyatt.

Koran terbesar di Inggris itu merupakan 'adik' dari News of the World. Akibat insiden penyadapan dan penyuapan polisi tersebut, News of the World yang telah berusia 168 tahun itu pun ditutup Juli lalu.

Penangkapan reporter The Sun ini jelas berdampak negatif terhadap News Corp milik Murdoch. Karena selama ini News Corp selalu menyangkal tuduhan dengan mengatakan bahwa tindakan penyadapan dan penyuapan sebagai tindakan ilegal di News Corp.

Skandal itu tidak hanya telah mengguncang induk perusahaan media milik Murdoch, News Corp, namun juga mengguncang sejumlah pejabat top Kepolisian Inggris, wartawan, dan politisi. Bahkan, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, sampai mempersingkat lawatan di Afrika untuk menggelar sesi khusus di parlemen hari ini untuk membahas skandal tersebut.

Seperti diketahui, David Cameron sebelumnya juga telah menyewa bekas redaktur News of the World sebagai konsultan medianya.

Selain itu, juru bicara kepolisian mengatakan bahwa jumlah orang yang menjadi target penyadapan hampir mencapai 5.800 orang.

Setelah debat panjang, pada April, News Corp memang telah mengakui praktik ilegal dalam kerja jurnalistik News of The World. Tapi, tuduhan itu hanya dialamatkan kepada satu jurnalisnya, yang telah ditahan kepolisian.